pRLy0KjoYc-s7w-itlUBTnSoa9g Takut disuntik efek obat lebih efektif blogrozran

Pages

Ads 468x60px

Senin, 27 Mei 2013

Takut disuntik efek obat lebih efektif



Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa merasa sedikit stres atau takut disuntik bisa membuat obat yang disuntikkan lebih efektif.

Peneliti di Stanford menguji efektivitas suntikan pada tikus. Mereka menemukan bahwa tikus yang merasa sedikit stres saat akan disuntik memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan mampu memerangi infeksi lebih baik daripada tikus yang tidak mengalami sedikit stres saat akan disuntik.

Rasa takut, tegang, atau tak nyaman saat akan disuntik membuat seseorang merasa sedikit stres. Sedikit rasa stres akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan dorongan bagi obat yang disuntikkan.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang akan menjalani bedah lutut memiliki lebih banyak sel sistem kekebalan tubuh dalam aliran darah mereka beberapa hari sebelum operasi dilakukan. Otak memiliki kinerja dengan memberitahu tubuh untuk menyiapkan diri dalam masa penyembuhan. Cara ini sama dengan organ tubuh tertentu yang akan memompa sel kekebalan tubuh keluar saat seseorang merasa terancam.

Hal yang sama juga terjadi pada sedikit stres yang dialami seseorang sesaat sebelum disuntik. Sedikit rasa tegang, takut, dan tak nyaman ini ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh mereka saat akan disuntik.(sumber)

Artikel Terkait



0 komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.